Home » Uncategorized » Penjelasan Noun (Kata Benda)

Penjelasan Noun (Kata Benda)

Start here

Penjelasan Noun (Kata Benda) – Dalam belajar Grammar Bahasa Inggris, kita tentunya sering menjumpai salah satu dari Part of Speech yaitu Noun(kata benda). Sejauh mana kah anda mengenal Noun? Untuk itu pada kesempatan kali ini penulis mencoba menjelaskan Noun (kata benda). Check this out!!!A. Pengertian Noun (kata benda)

Noun adalah salah satu unsur dari Parts of Speech yang penting perannya selainVerb (kata kerja) dalam membangun sebuah kalimat. Kita tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Noun (kata benda), menurut Barbara Dykes (22:2007), kata “Noun” berasal dari bahasa Latin, “nomen” yang berarti “nama”. Noun (Kata Benda) merupakan nama dari suatu benda. Apa pun di dunia ini yang keberadaannya memiliki sebuah nama, baik yang bisa rasakan (lihat, kecap, sentuh, dengar, cium) maupun yang tidak.

Tapi Noun (kata benda) tidak hanya merujuk pada benda yang keberadaannya di dunia ini saja. Noun (kata benda) juga bisa merujuk pada ide atau pemikiran yang hanya ada di pikiran kita saja, misalkan freedom (kebebasa), beauty (kecantikan), hope (harpan), dll; ide/ pemikiran yang ada di pikiran kita tersebut, kita tidak bisa merasakannya dengan panca indra, tetapi kita hanya bisa merasakannya keberadaannya hanya di dalam pikiran kita saja. Benda yang keberadaannya bisa kita rasakan dengan panca indra kita dalam bahasa Inggris disebut Concert Noun, dan benda yang keberadaannya hanya ada pikiran kita atau merupakan ide/ pemikiran yang tidak bisa dijamah oleh panca indra kita disebutAbstract Noun.B. Fungsi Noun (kata benda)
Menurut bukunya Sidney Greenbaum dkk. (241:1985), dalam kalimat bahasa Inggris,Noun bisa berfungsi sebagai Subject (Pelaku), Object (Target/sasaran), Comlement of Cluse (Pelengkap dari klausa) dan sebagai Complement of Prepositional Phrases(Pelengkap dari phrase kata depan), contoh:

  • The girl is my sister.(Subject)
  • The blonde girl is my sister. (Object)
  • The blonde who is wearing blue jeans is my sister. (Complement of Clause)
  • The blonde girl in blue jeans is my sister. (Complement of prepositional phrase)

C. Jenis-jenis Noun (kata banda)

Sebagaimana kita ketahui, terhadapa banyak jenis Noun (kata benda), baik keberadaannya bisa dijamah oleh indera perasa maupun yang hanya ada di pikiran kita saja. Untuk mengetahui apa-apa saja yang termasuk Noun (kata benda), di bawah ini penulis hadirkan penjelasan dan contohnya:

1. Persons’ Name (Nama orang) :
Jenis Noun (kata benda) yang pertama adalah nama orang. Nama orang (Persons’ name) dalam bahasa Inggris harus ditulis menggunakan huruf kapital (huruf besar) hanya untuk huruf pertamanya saja, misalkan Ahmad Fathoni, Rini Rosyidah, dll.

  • Mark White is writing a letter for Elisabeth, his mom.
  • Andrea Hinata is the most famous writer in Indonesia.
2. Places (Nama tempat) :
Untuk nama tempat (places), sepertihalnya nama orang, huruf pertama dari nama tempat harus dikapitalkan (dibesarkan), misalkan: Jakarta, Surabaya, dll.
  • Andrea Hiata is the most famous writer in Indonesia.
  • Jakarat is the place where I life now.
3. Geographical Appearences’s Name (Nama Kenampakan geograpi):
Nama penampakan geograpi itu seprti nama gunung, nama sungai, nama danau, nama laut, nama selat, dll; juga harus dikapitalkan huruf awalnya, misalkan: Merapi Mountain, Hindia Ocean, Sunda Strait, Amazon river, dll.
  • I have ever visited Mount Bromo twice.
  • Amazon river is the largerst river in the world.
4. Things (Nama benda) :
Things (nama benda) adalah nama-nama benda yang ada di sekitar kita dan kita bisa menjamahnya dengan panca indera kita. Untuk nama-nama benda tersebut tidak dikapitalkan pada huruf pertamanya.
  • I bought a novel  in one of stores there.
  • Football is my favorite game.
5. Activities (Aktivitas) :
Nama-nama aktivitas merupakan nama-nama pekerja yang biasa dikerjakan, seprtihalnya menulis, membaca, dll. Dalam bahasa Inggris, pembentukan nama-nama aktivitas dikejakan dengan merubah Verb (kata kerja) menjadi bentuk gerund. Dan untuk nama-nama aktivitas, tidak dikaptalkan huruf pertamanya.
  • Writing is my hobby.
  • Running and running became my routine activity when I was facing race championship.
6. Concepts (Ide/pemikiran) :
Nama-nama ide atau pemikiran yang hanya ada dalam pemikiran kita merupakan salah satu jenis Noun (kata benda), kata benda jenis ini juga tidak dikapitalkan huruf awalnya.
  • Freedom never comes to the poor.
  • Beauty that she dreams is actually false.
7. Groups (kelompok) :
Berbeda dengan jenis-jenis Noun (kata benda) yang lain, untuk nama-nama kelompok (groups) memiliki keistimewaan. Letak keistimewaan untuk nama-nama kelompok terletak pada verb agreement yang digunakan, tunggal (singular) atau jamak (plural). Karena dalam beberapa kasus terdapat banyak nama-nama kelompok yang menggunakanVerb Agreement yang berbentuk singular dan plural.
  • Metalica is going to make a concert in Indonesia soon. (Berbentuk tunggal (singular) karena menggunakan “is”)
  • Indonesian Blogger Community was established in 1999. (Berbentuk tunggal (singular) karena menggunakan “was”)
  • Metalica are deciding the title of the new album. (Berbentuk jamak (plural) karena menggunakan “are”)
  • Indonesian Blogger Community were gathering to discuse about the google algoritm. (Berbentuk jamak (plural) karena menggunakan “were”)
Perbedaan antara menggunakan Verb Agreement tunggal (singular) dan jamak (plural) terletak pada maksud penulis. Jika maksud penulis menganggap nama kelompok itu sendiri bukan anggota kelompok yang ada di dalamnya (seperti contoh 1 dan 2) makaVerb Agreement yang digunakan adalah tunggal (singular). Tetapi jika maksud dari penulis merujuk pada anggota dari kelompok, bukan merujuk pada nama kelompok (seperti contoh no 3 dan 4), maka Verb Agreement yang digunakan adalah jamak (plural).8. Events (Acara) :
Untuk nama-nama acara dalam bahasa Inggris, tidak dikapitalkan untuk huruf awalnya, hanya ditulis seperti nama kata benda yang lainnya. Birthday moment is always be waited for by every children.

  • People will enjoy the concert tonight.
Jenis-jenis Noun (kata benda) di atas merupakan penjelasan umum mengenai Noun (kata benda) itu sendiri, sedangkan pembagian Noun (kata benda) digolongkan ke dalam berbagai jenis bagian seperti Concrete Noun, Abstract Noun, Countable Noun, Uncountable Noun. Untuk pembahasan mengenai pembagian Noun (kata benda) tersebut, kita bahas di artikel selanjutnya.*Referensi:
Dykes, Barbara. 2007. Grammar for Everyone: Practical Tools for Learning and Teaching Grammar. Victoria: ACER Press.
Greenbaum, Sidney. 1985. A Comprehensive Grammar of the English Language. New York: Longman.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 534 other followers

%d bloggers like this: